• +021-4786-2224
  • info@sekolahpengadaan.id

Bimbingan Teknis Nasional

Persiapan dan Strategi Menghadapi Audit dan Risiko Hukum Bagi Pelaksana Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

(Sesuai dengan Perpres 16 /2018, PermenPUPR No.7/ 2019 dan Standar audit AAIPI 2013)

Gel I : 28 – 29 Agustus 2019,  Gel II : 11-12 September 2019, Gel III : 25 – 26  September 2019

Pendahuluan :

Sertifikat kompetensi dari Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN)

Tidak dapat dipungkiri banyaknya regulasi yang mengatur tentang Tata Laksana dalam Penyelenggaraan Pengelolaan Keuangan Negara yang didalamnya terdapat Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, kesemua regulasi tersebut memiliki keterkaitan dan wajib dipatuhi oleh setiap penyelenggara Negara, khususnya bagi Pelaksana Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Unsur unsur penyelenggara dimaksud adalah PA/KPA, PPK, dan Pokja Pemilihan, yang berkerja dalam kesatuan proses demi menghasilkan Pengadaan Barang/Jasa yang value for money (VFM).

Salahsatu yang sering menjadi ke khawatiran bagi pelaksana pengadaan adalah Proses Audit, dimana proses ini terkadang masih menghasilkan temuan dan berdampak pada proses hukum. Hal inilah yang perlu disikapi oleh Pelaksana Pengadaan untuk dapat mengetahui parameter parameter Audit, memahami pola Audit, serta memahami dampak atau Risiko yang dapat ditimbulkan dari pelaksanaan Audit tersebut.

Laporan Hasil Audit (LHA)  PBJ yang menyajikan informasi mengenai hasil penilaian atas kondisi PBJ yang diaudit ditinjau dari prinsip-prinsip efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel. Dimanfaatkannya LHA untuk pengambilan keputusan oleh K/L/PD  dalam rangka memperbaiki perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan PBJ agar lebih efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil, dan akuntabel.

Target Kegiatan :

  • Mampu memahami Konstruksi dari Berbagai peraturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dari sisi Auditor maupun APH
  • Mempersiapkan Peserta Untuk mampu dalam menghadapi Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Mempersiapkan Peserta dalam rangka menghadapi Risiko dan Implikasi Hukum
  • Mempersiapkan Peserta untuk dapat mengambil langkah langkah Preventif dalam setiap tahapan dalam Pengadaan
  • Memberikan Bekal Tentang Indikator dalam Audit
  • Memberikan Bekal pemahaman Hukum, khususnya dalam pengadaan Barang/Jasa

Dalam Pelatihan ini Peserta akan diberikan bekal Berupa :

  1. Memahami regulasi Pengadaan Barang/Jasa dari kacamata Auditor maupun APH
  2. Memahami Titik Kritis pada Tahapan Pengadaan Barang/Jasa
  3. Tata Cara dan Tahapan Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  4. Indikator dan Parameter Penetapan Hasil Audit
  5. Implikasi dan Risiko Hukum dari hasil Audit
  6. Menyikapi Hasil Audit
  7. Memahami Aspek aspek Hukum dalam Pengadaan Barang/jasa
  8. Mitigasi Risiko Permasalahan Hukum Dalam Pengadaan
  9. Menyusun Strategi dan Panduan dalam Menghadapi Audit Pengadaan
  10. Bagaimana menghadapi Pemeriksaan Oleh Aparat Penegak Hukum (APH)

Target Peserta

  • 1. Pengguna Anggaran / Kuasa Pengguna Anggaran
  • 2. Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ)
  • 3. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)
  • 4. Pejabat Pengadaan (PP)
  • 5. Pejabat/Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PjPHP/PPHP)
  • 6. Penyelenggara Swakelola
  • 7. Aparatur Penegak Hukum
  • 8. Biro / Bagian Hukum
  • 9. Pelaku Usaha dan Penyedia

Narasumber :

  • LKPP
  • Auditor dari BPKP dan BPK
  • Praktisi Hukum

Tanggal Kegiatan & Tempat Acara :

Tanggal Kegiatan :

  • Gel I : 28 – 29 Agustus 2019,
  • Gel II : 11-12 September 2019
  • Gel III : 25 – 26 September 2019

Tempat Acara :

Hotel Sunlake Sunter – Jalan Danau Permai Raya – Jakarta

Biaya & Fasilitas Peserta :

Tanpa Penginapan

Rp.3.500.000
Mengikuti Pelatihan selama 2 Hari
Lunch dan Coffe/Snack
Materi dan Modul
Peraturan Terkait
T Shirt
Grup Diskusi

Dengan Penginapan

Rp.4.750.000
Mengikuti Pelatihan selama 2 Hari
Lunch dan Coffe/Snack
Materi dan Modul
Peraturan Terkait
T Shirt
Grup Diskusi
Penginapan selama 4 hari (bagi yang menginap)
Termasuk makan malam

FAQ

Bagaimana Saya Bisa Mengikuti Bimbingan Teknis Ini?

Anda cukup klik tombol Daftar Sekarang lalu isi form yang tersedia dan klik daftar maka Admin kami akan mengirimkan detil link untuk mengikuti Bimbingan Teknis

Apakah Saya akan Mendapatkan Modul?

YA, semua peserta akan mendapatkan buku panduan yang berisikan materi lengkap

apakah kelas bimtek itu ?

Bimtek adalah kelas yang dilakukan secara lansung tatap muka, setiap peserta dapat mengikuti kelas di tempat yang sudah di tentukan.

Apakah Saya Mendapatkan sertifikat Pelatihan ?

Ya, sertifikat Pelatihan Nasional

Penyelenggara Kegiatan

LPKN tRAINING cENTER

Pelaksana pelatihan oleh Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) yang merupakan lembaga diklat resmi dan telah terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) – RI.
Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) didirikan pada tahun 2005 dengan SK Notaris Sri Instansi, SH Nomor. 41, Tanggal 18 april 2005, berkedudukan di Jakarta.

Para peserta berasal dari Institusi Pemerintah, BUMN, BUMD, dan Kalangan Swasta. hingga saat ini alumni LPKN tercatat lebih dari 350.000 orang. Sebagai suatu wadah pendidikan yang masih tergolong baru, LPKN terus berupaya meningkatkan kualitas baik dari segi Materi, Narasumber, Modul, serta pelayanan Prima, dengan harapan setiap peserta yang mengikuti kegiatan di LPKN membawa ilmu pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi organisasi maupun pribadinya masing-masing.

LPKN rutin menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang jasa lebih dari 15 tahun (website https://diklatlpkn.id dan https://lpkn.org )

Kontak

Gedung Linggardjati Lt.1 – Jalan kayu Putih II No. 7 Pulogadung Jakarta Timur 13240

Hotline

  • 021-4786-2224
  • 0811-168-9991
  • 0811-999-7339