Sekolah Pengadaan Barang/Jasa
Training Online Best Practice
Manajemen Mutu Dalam Proses Serah Terima Barang/Jasa
14 – 16 September 2020
Latar Belakang
Dalam pelaksanaan proses pengadaan (procurement) pengelolaan mutu menjadi hal yang krusial & dapat menjadi salahsatu indikator penting akan keberhasilan atau kegagalan suatu proses pengadaan di sebuah institusi, lembaga, atau korporasi, dimana pengelolaan mutu akan menjadi bagian dari tugas & tanggungjawab tim pemeriksa mutu & pemangku jabatan yang terkait dengan kewenangan tersebut.
Dalam praktek di lapangan pada beberapa; institusi, lembaga, atau korporasi, ketiadaan prosedur yang komprehensif, terkini, sesuai regulasi & standar manajemen mutu, seringkali menjadi kendala yang dapat berdampak pada tidak terukurnya kualitas order & pekerjaan yang dilaksanakan oleh penyedia/vendor. Kondisi ini bukan saja menjadi bahan temuan audit, namun juga membuat posisi tawar tim pengadaan, (procurement) & pemeriksa mutu (QC) menjadi lemah di hadapan penyedia/vendor, karena tidak dapat menyatakan apa harapan & keinginannya sebagai secara pasti, tegas, & terukur, belum lagi aspek akuntabilitas saat menghadapi pemeriksaan inspektorat & auditor.
Tujuan Training
Dalam training ini peserta akan mempelajari konsep & implementasi Manajemen Mutu dalam Proses Serah Terima Barang/Jasa secara menyeluruh, di mana dalam setiap sesi pembahasan disertai discussion sharing & case study berdasarkan aplikasi konsep & best practices terkini.
Sehingga setelah mengikuti workshop training ini, peserta diharapkan memiliki knowledge & applied skills yang dapat diterapkan dalam keseharian tugas/pekerjaan para peserta nantinya.
Manfaat Training
Setelah mengikuti training ini, para peserta akan memiliki kemampuan untuk :
- Memahami proses & tahapan manajemen mutu secara menyeluruh
- Memahami tool kits & metode analisis yang digunakan dalam proses manajemen mutu
- Membuat paper work prosedur & formulir manajemen mutu
- Melakukan supervisi tentang manajemen mutu kepada penyedia/vendor.
- Menerapkan konsep & metode yang telah dipalajari & disusun dalam implementasi di lapangan
Metode Training
Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:
20%
20% teori berdasarkan literatur praktisi
40%
Analisa best practices & benchmarking antara institusi, korporasi, & industri
40%
Studi kasus nyata & brainstorming antara trainer dengan peserta
Materi Kegiatan
Materi
- Regulasi & Standar Manajemen Mutu
- Manajemen Mutu & Biaya Kualitas (Cost of Quality/COQ)
- Perspektif Risiko dalam Pengadaan Barang/Jasa
- Dokumen Garansi, Layanan Purna Jual, & Kesepakatan Tingkat Layanan (SLA)
- Diskusi, studi kasus, & action plan
- Pemeriksaan Mutu dalam Penerimaan Barang & Pembelian Investasi
- Monitoring & Serahterima dalam Layanan Jasa
- Standar Dokumen Pemeriksaan Mutu Penerimaan Barang & Pembelian Investasi
- Standar Dokumen Monitoring & Serahterima Layanan Jasa
- Diskusi, studi kasus, & action plan
Target Peserta
Training ini ditujukan untuk para praktisi & profesional di bidang:
- Buyer, Procurement Admin, Vendor Management, Komite Tender, UKPBJ, Unit Layanan Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen, & Pejabat Pengadaan/Pembelian.
- QC Officer, Pejabat Mutu, Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan, & Pejabat Pelaksana Teknis Pekerjaan
- Supply Chain Management, Logisticians, Planner/Estimator, Project Team, & General Affairs.
- Head & Supervisor yang terkait dengan proses procurement.
- Siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.
Biaya dan Fasilitas
- Rp. 550.000,-
- Rp. 137.500,- (Harga Khusus – Diskon HUT RI 75%)
- Mengikuti 3 sesi Pelatihan Online
- Materi Pelatihan
- Video Pembelajaran
- Grup Diskusi
- Sertfikat Pelatihan
BONUS bagi 20 Pendaftar Pertama
Kelas “Penyusunan Spesifikasi , Analisis Pasar, dan Pembuatan Harga Perkiraan Sendiri (HPS)”
(3 sesi pertemuan + materi + sertifikat + Video pembelajaran)