Online Training

Online Training (International Program) Developing And Implementing Strategic Procurement

Menuju Pengadaan yang Mudah, Cepat & Terpercaya (Simple, Fast & Trusted)

Tgl 10 – 19 Agustus 2020


Daftar Sekarang

Pelatihan ini didisain dengan berlandaskan Materi Best Practis Internasional, dimana target utama dari Kegiatan ini adalah untuk memahami Hakekat dari Pengadaan Barang dan Jasa dalam konteks Best Practice.

Memahami Konsep Dasar Pengadaan yang bermanfaat untuk pengembangan Strategi Pengadaan dalam Organisasi, Baik Pemerintah maupun Swasta. Kegiatan ini sangat Penting diikuti oleh Para Praktisi Pengadaan, agar mampu mengkolaborasikan Konsep dan Regulasi Pengadaan.


Tujuan dari Pembelajaran Manajemen Pengadaan adalah untuk memberikan Landasan Pemahaman terhadap Konsep Pengadaan secara sistimatis, mudah, cepat, dan Akuntabel.

Target

  • Mampu Memahami Esensi dasar dari Proses Pengadaan Barang/Jasa
  • Mampu Menyusun Strategi Pengadaan secara Efektif
  • Mampu merancang Strategi Pengadaan yang sejalan dengan Kebutuhan Organisasi
  • Mampu menyusun Langkah Strategis dalam Pengambilan Keputusan di Pengadaan
  • Mampu membuat Pengadaan secara Sistimatis,Mudah, Cepat, dan Akuntabel
  • Mampu menyusun Konsep dan Regulasi Pengadaan Pada Organisasi masing masing

Materi

  • Understanding The Corporate Environment
  • Specifying Requirements & Planning Supply
  • Analysing Supply Markets
  • Developing Supply Strategies
  • Appraising & Short-Listing Suppliers
  • Obtaining & Selecting Offers


Waktu

10 – 19 Agustus 2020

Pukul 09.00 – 12.00 wib

Program Kegiatan Ini

6 Hari Kelas Online

3 Jam Per hari

Sertifikat

Materi Softcopy

Video Rekaman

Diskusi


Siapa yang Penting Mengikuti Pelatihan ini

  • Yang Membidangi Pengadaan di Organisasi Pemerintah maupun Swasta
  • Para Praktisi Pengadaan dan Supply Chain
  • Aparat Pengawas maupun Praktisi Hukum
  • Masyarakat umum yang ingin menggeluti Profesi Pengadaan Barang/Jasa atau Supply Chain Management

Deskripsi Materi

Materi 1 : Understanding The Corporate Environment

Materi ini bertujuan untuk menjelaskan lingkungan Organisasi pada pembelian & fungsi penawaran dari Organisasi, dan untuk menunjukkan bagaimana fungsi ini saling berhubungan dengan seluruh organisasi.

  • Memahami Tipe Organisasi
  • Budaya, Misi, Tujuan dan Kebijakan Organisasi
  • Strategi Organisasi
  • Peran serta Tujuan dari Fungsi Pembelian & Pengadaan
  • Menjalankan Fungsi Pembelian & Pengadaan Bersama Organisasi

Materi 2 : Specifying Requirements & Planning Supply

Materi ini mencakup bagaimana menentukan dan menjelaskan semua dimensi yang berbeda terhadap kebutuhan pembelian oleh suatu Organisasi. Materi ini juga memberikan panduan praktis dan saran pada pengembangan spesifikasi dan perencanaan pengadaan di Organisasi. Selain itu, Materi ini juga menjelaskan peran pengadaan dan fungsi penawaran dan menunjukkan bagaimana keterlibatannya dalam spesifikasi dan proses perencanaan pengadaan yang bervariasi tergantung dari jenis dan pentingnya pengadaan yang akan dibuat.

  • Spesifikasi yang dibutuhkan
  • Menentukan Produk atau Jasa
  • Menentukan Kuantitas, Pengiriman dan Layanan
  • Proses Menentukan Spesifikasi dan Perencanaan Supply

Materi 3 : Analysing Supply Markets

Materi ini menjelaskan metodologi dan alat-alat praktis yang memungkinkan Anda untuk menganalisa pasar dengan cara yang hemat biaya. Melalui Materi ini Anda ditunjukkan bagaimana menetapkan prioritas untuk analisis pasar suplai dengan mempertimbangkan situasi Organisasi Anda. Bagaimana fungsi pasar dan karakteristik mereka juga dibahas, dan Anda akan dipandu melalui proses penilaian risiko dan peluang dari segmen pasar tertentu.

  • Menentukan Prioritas untuk Analisis Pasar
  • Memahami Karakteristik Pasar Pengadaan
  • Penilaian Segmen Pasar
  • Dukungan Informasi, Penilaian Risiko, dan Analisis Pasar

Materi 4 : Developing Supply Strategies

Materi ini berfokus pada bagaimana mengembangkan strategi pengadaan untuk berbagai kategori Barang/Jasa Mengembangkan dan menggunakan strategi pengadaan yang berbeda untuk berbagai jenis Barang/jasa akan membantu Anda untuk memilih strategi /cara yang tepat untuk mencapai hasil terbaik.

  • Kerangka Untuk Strategi Pengadaan
  • Hubungan Supplier dan Jenis Kontrak
  • Strategi Pengadaan Untuk Kebutuhan Rutin
  • Strategi Pengadaan Karena Pengaruh Kebutuhan (Leverage)
  • Strategi Pengadaan Untuk Produk Kurang Jalan (Bottleneck)
  • Strategi Pengadaan Untuk Produk Bersifat Mendesak (critical)
  • Strategi Pengadaan Untuk Komoditas

Materi 5 Appraising & Short-Listing Suppliers

Materi ini berfokus pada bagaimana kita menilai para penyedia/ supplier untuk tujuan memilih mereka sebagai mitra bisnis yang layak untuk Organisasi Anda. Bekerja dengan penyedia terbaik adalah penting untuk Organisasi Anda, terutama ketika Anda membeli hal/barang yang penting untuk kegiatan operasi, atau melibatkan tingkat risiko pasokan atau pengeluaran yang tinggi.

Mengetahui bagaimana mengidentifikasi pemasok tersebut dan untuk menilai kemampuan relatif mereka serta tingkat motivasi untuk melakukan bisnis dengan Organisasi Anda akan membangun landasan yang kuat bagi Anda dalam mengembangkan hubungan pemasok yang produktif untuk jangka panjang. Materi ini mencakup masalah yang berhubungan dengan jenis-jenis kriteria yang dapat Anda gunakan untuk penilaian Anda, dan bagaimana memetakan, menyeleksi, meneliti lebih lanjut para pemasok yang paling sesuai untuk Organisasi Anda. Anda akan mengikuti suatu metodologi untuk mengukur dan memberikan peringkat kepada para pemasok yang potensial terhadap kriteria yang telah ditetapkan, termasuk situasi keuangan.

  • Kerangka dan Indikator untuk Penilaian Vendor
  • Kriteria untuk Menilai Vendor Potensial
  • Sebuah Model untuk Menilai Kemampuan Vendor
  • Mengidentifikasi Kemampuan Vendor
  • Pembobotan dan Penilaian Vendor

Materi 6 Obtaining & Selecting Offers

Materi ini akan menunjukkan cara terbaik untuk memperoleh dan memilih penawaran dari pemasok. Ini mungkin salah satu dimensi paling penting dari pembelian.
Materi ini mencakup isu-isu seperti berapa banyak pemasok yang diundang untuk memberi penawaran, tergantung pada jenis pembelian. Hal ini juga berkaitan dengan jenis proses yang diterapkan dalam situasi yang berbeda dan se-formal apakah proses ini dibutuhkan (misalnya, tender resmi untuk meminta penawaran/quotations).

  • Kerangka untuk Mendapatkan dan Memilih Penawaran
  • Metode mendapatkan menawarkan
  • Kriteria untuk mengevaluasi penawaran
  • Kriteria untuk mengevaluasi penawaran

Gunakan Kode LPKN75 Untuk Mendapatkan Diskon 75%

Biaya Pelatihan & Fasilitas

Rp 1.250.000

Metode Pembelajaran

  • Tatap Muka Online
  • Pemaparan Oleh Narasumber
  • Studi Kasus

Waktu Pembelajaran

  • 10 – 19 Agustus 2020
  • 6 Hari Kelas Online
  • @ 3 Jam
  • Menggunakan Media Zoom

Loading…

***Jika Anda membutuhkan undangan resmi silakan download surat


Download Surat

FAQ

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Lembaga apa yang menyelenggarakan kegiatan ini?

Kegiatan ini di selenggarakan oleh LPKN Training Center, yang merupakan wadah pelatihan dan pendidikan yang telah menghasilkan lebih dari 380.000 alumni sejak tahun 2003, yang berasal dari unsur Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, dan Swasta.

Apakah perserta nanti dibekali modul panduan?

Ya, kami berikan modul lengkap dalam bentuk softcopy, disertai dengan materi-materi dokumen pendukungnya dalam bentuk softcopy, agar bisa menggunakan langsung.

Apakah Kelas Online Itu?

Kelas Online adalah kelas yang dilakukan secara Online, setiap peserta dapat mengikuti kelas ini melalui Laptop maupun HP sesuai dengan Jadwal yang di berikan nanti.

Bagaimana Saya Bisa Mengikuti Kelas Online Ini?

Anda cukup klik tombol order lalu isi form yang tersedia dan selesaikan pembayarannya maka Admin kami akan mengirimkan detil link untuk mengikuti Kelas Online.

Apakah nanti kami mendapatkan Video Pembelajaran?

YA, semua video akan kami berikan kepada setiap peserta.

Infomasi detail silahkan hubungi panitia

Info Hub : 08111565770 / 081318886103

question:

Ada Pertanyaan? Silakan hubungi Panitia

contact us:

0813 1888 6103 / 0811 9997 339

021 4786 2224

Copyright 2020 sekolahpengadaan.id – All Rights Reserved