Logo Universitas Pancasila copy
IIGF
LOGO BARU KEMENTERIAN BAPPENAS
unin
LOGO KPBU copy
LPKN-Logo-02.png

SEMINAR NASIONAL - ONLINE

PENDANAAN ALTERNATIF DAN PENYIAPAN SDM INFRASTRUKTUR HANDAL

Dalam Rangka Pembangunan Infrastuktur Dan Kawasan Terpadu Serta Berkelanjutan

Latar Belakang

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Jokowi selalu menekankan arti penting pembangunan infrastruktur. Menurutnya infrastruktur merupakan fondasi utama bangsa Indonesia untuk bersaing dengan negara lainnya, bahkan lebih jauh dari itu pembangunan infrastruktur artinya pula membangun peradaban bangsa. Tidak heran jika pada periode pemerintahannya baik periode pertama maupun periode kedua, pembangunan infrastruktur menjadi fokus utamanya. 

Untuk mencapai target Pertumbuhan 4,6%-6% sebagaimana yang ditetapkan di dalam RPJMN 2020-2024 maka  dibutuhkan pembangunan infrastruktur baik infrastruktur dasar, infrastruktur ekonomi, maupun infrastruktur perkotaan dengan kebutuhan pendanaan sebesar Rp. 6. 445 Triliun. Dari angka tersebut pemerintah hanya mampu mendanai 37% saja, oleh karenanya diperlukan alternatif pendanaan baik yang berasal dari  partisipasi BUMN,   investasi badan usaha ataupun sumber sumber lainnya untuk mencapai target pembangunan tersebut.

Disamping itu, rencana pembangunan yang besar dengan menggunakan anggaran yang besar, merupakan tugas berat yang harus diemban oleh seluruh aktor pembangunan infrastruktur, baik pihak pemerintah sebagai pemilik proyek infrastruktur, pihak dunia usaha sebagai mitra investasi pemerintah, perguruan tinggi sebagai mitra diskusi dan pengkajian, maupun pihak konsultan yang membantu melaksanakan perencanaan dan penyiapan proyek infrastruktur.

Handalnya Sumber Daya Manusia Infrastruktur menjadi bagian penting bagi keberhasilan pembangunan infrastruktur. Tanpa Sumber Daya yang mumpuni, mustahil pelaksanaan pembangunan infrastruktur akan terlaksana dengan optimal.

16906.png

Berangkat dari latar belakang tersebutlah maka diadakan Webinar  “PENDANAAN ALTERNATIF DAN PENYIAPAN SDM INFRASTRUKTUR HANDAL DALAM RANGKA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR YANG BERKELANJUTAN” yang diselenggarakan kerjasama antara Universitas Pancasila dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

Webinar ini juga menggandeng Direktorat Kerjasama Pemerintah dan Rancang Bangun Bappenas serta  Asosiasi Ahli KPBU Indonesia dan.  Dengan adanya webinar ini diharapkan adanya kesadaran bersama bahwa cita-cita yang besar dalam penyediaan infrastruktur perlu didukung oleh alternatif pembiayaan yang kreatif dan sumber daya manusia yang berintegritas dan berkualitas.

Kata Sambutan

Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Moderator

Dr. Herawati Zetha Rahman

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Pelaksanaan Seminar Nasional

Seminar akan dilaksanakan pada hari

JUMAT 24 JULI 2020

PUKUL 13.30 - 16.00 WIB

Secara WEBINAR Zoom

Pembicara

Drs. Sri Bagus Guritno, Ak, MSc, CA.,

Direktur Kerjasama Pemerintah-Swasta Rancang Bangun, Bappenas

Topik :

Paradigma Pembiayaan Infrastruktur Yang Berkelanjutan

Andre Permana,PhD.

Direktur Eksekutif Bisnis PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT.PII)

Topik :

SDM Berkualitas untuk Infrastruktur Berkelanjutan

Dr. Ir Hermanto Dardak, MSc,

Dosen Teknik Sipil FTUP

Topik :

Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Penyiapan SDM Infrastruktur yang Handal

Ir. Arianto Wibowo, MM.,

Perkumpulan Ahli KPBU

Topik :

Peran Asosiasi dalam Menyiapkan SDM  Infrastruktur

Kesimpulan dan Penutup

Prof. Yudi Azis, S.Si., SE., S.Sos., MT., Ph.D.

Koordinator UNIID

Pendaftaran Peserta

- Gratis untuk 5000 Peserta

- Gratis Materi Pelatihan

Tersedia e-Sertifikat Untuk 500 Pendaftar Pertama