Bimtek dan Pelatihan Anggota DPRD

Bimtek dan Pelatihan Anggota DPRD

Bimtek merupakan bimbingan teknis atau bisa di sebut dengan diklat atau pendidikan dan pelatihan. Di mana anda bisa mendapatkan bimtek jika tidak di Sekolah Pengadaan. Sekolah Pengadaan adalah lembaga pelatihan terakreditasi dan terpercaya sekaligus wadah bagi seluruh insan pengadaan dan untuk siapa saja yang berkeinginan di bidang pengadaan barang dan jasa.

Tidak hanya itu kami juga melayani anda untuk pelatihan dan sertifikasi, pendampingan penyusunan regulasi pengadaan BUMN dan Blue, pendampingan pelaksanaan pengadaan dan agen pengadaan. Nah terlebih jika anda ingin melaksanakan bimtek dan pelatihan sebagai anggota DPRD, kami siap membimbing anda hingga menjadi anggota DPRD yang profesional

Sekolah Pengadaan merupakan wadah yang di bentuk dengan tujuan untuk kebutuhan ilmu pengadaan barang dan jasa yang terstruktur dan terorganisir berdasarkan kurikulum sesuai standar Nasional. Kami juga menitikberatkan materi yang biasa di pergunakan Pemerintah, BUMN, dan badan usaha yang lainnya.

Materi tersebut pada umumnya memiliki standar yang tarkait dan mengarah pada regulasi yang ada. Mengingat banyak terjadi penyimpangan atau oknum yang tidak bertanggung jawab dalam pengadaan barang dan jasa, maka dari itu percayakan hanya kepada kami Sekolah Pengadaan yang akan mengatasi semua yang anda butuhkan tidak terkecuali bimtek dan pelatihan anggota DPRD.

bimbingan teknologi

Bimtek dan Pelatihan Anggota DPRD

Bimtek adalah singkatan dari bimbingan teknis, atau juga lebih di kenal sebagai diklat (pendidikan dan pelatihan) yang berkaitan dengan DPRD / Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para anggota dewan.

Segenap anggota DPRD beserta angota sekretaris DPRD di harapkan dapat memaksimalkan ketrampian yang di dapatkan pada saat bimtek dengan peningkatan kinerja yang berkompeten, profesional dan bekerja sepenuh hati untuk rakyat dan negara.

Untuk menghasilkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah para panitia bimtek atau diklat DPRD menyediakan berbagai materi khusus yang di peruntukan hanya untuk para anggota dewan yang sudah di lantik.

Inilah bimtek atau pelatihan untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang wajib pembaca ketahui, antara lain :

  • Bimbingan teknis tatacara penyusunan dan pengelolaan hinga proses akuntansi keuangan DPRD dan Sekertaris DPRD

Bimtek DPRD juga harus memiliki staf keuangan yang akan melaksanakan akuntansi keuangan atau lebih di kenal dengan pendaharaan. Selain pendaharaan, DPRD juga harus memiliki staf yang melaksanakan kegiatan administrasi seperti sekertaris DPRD.

  • Bimbingan teknis mengenai peran Bamus, Balegda, serta Badan Kehormatan untuk peningkatan kinerja anggota DPRD

Pelatihan atau bimtek DPRD juga berisikan peran Bamus / Badan Musyawarah, Balegda / Badan Legislatif Daerah, serta badan kehormatan yang bertujuan untuk meningkatkan kerja DPRD.

  • Bimbingan teknis mengenai peningkatan kapasitas, peran, serta fungsi anggota DPRD

Bimtek DPRD juga dapat berisikan tentang peningkatan kapasitas, peran, serta fungsi daripada anggota DPRD pada suatu negara.

  • Bimbingan teknis penguatan hard / soft skill untuk angota DPRD Purnabakti

Bimtek juga di berikan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang telah mengkahiri masa bakti terutama dengan hard dan soft skil yang berhubungan dengan ketrampilan atau keahlian.

  • Bimbingan teknis pelayanan prima untuk sekertaris DPRD pada pimpinan dan anggota DPRD

Bimtek atau diklat juga di berikan kepada sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terutama terhadap pelayanan pimpinan serta anggota atau staf Anggota DPRD.

  • Bimbingan teknis Pedoman Pelaksanaan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Diklat atau bimtek juga di berlakukan kepada fungsi daripada DPRD agar melaksanakan tugas-tugasnya secara maksimal.

  1. Bimbingan teknis orientasi pengelolaan dana reses DPRD Provinsi, Kota, dan Kabupaten

Bimtek pengenalan tentang pengelolaan dana reses DPRD baik dari tingkat Provinsi, Kota hingga Kabupaten juga wajib transparan dan terbuka. Dalam pengelolaan dana reses ini bendahara DPRD berperan penting dalam pengelolaan.

  • Bimbingan Teknis orientasi pengelolan dana hibah dan dana bantuan sosial bagi anggota DPRD Provinsi, Kota, dan Kabupaten

Pengelolaan dana hibah dan bansos anggota DPRD Provinsi / Kota / Kabupaten juga termasuk kepada bimtek dan pelatihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

  • Bimbingan Teknis Optimalisasi Tugas atau Wewenang Alat Kelengkapan DPRD

Bimtek yang berisikan pengoptimalisasian tugas serta wewenang alat kelengkaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang bersifat tetap seperti Badan Musyawah / Bamus.

  • Bimbingan teknis Optimalisasi Reses dan Hasil Pikiran DPRD Hasil Dari Jasmara

Reses atau masa reses adalah masa Dewan Perwakilan Rakyat pada saat melaksanakan kegiatan di luar masa sidang terlebih jika berada di luar gedung Dewan Perwakilan Rakyat berdasarkan hasil dari Jasmara. Optimalisasi reses dan hasil pikiran DPRD juga termasuk kedalam bimtek dan pelatihan anggota DPRD.

  • Bimbingan Teknis Optimalisasi Peran DPRD Berkaitan Perencanaan serta Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah

b atau pendidikan dan pelatihan juga memfokuskan kepada optimalisasi peran DPRD dengan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah.

  • Bimbingan Teknis Optimalisasi Peran DPRD dalam penganggaran dan Pengawasan Serta Pembuatan Perda, Peraturan Kabupaten dan Peraturan Kota

Bimtek juga di berikan untuk memberikan pengoptimalan daripada peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam menganggarkan, mengawasi, serta membuatkan peraturan daerah, peraturan kabupaten, hingga peraturan kota.

  • Bimbingan Teknis Optimalisasi Fungsi dan Wewenang DPRD Terkait Penyusunan dan Penetapan APBD

Selain peran, bimtek juga di laksankan untuk pengoptimalan fungsi dan wewenang dan tanggungjawab DPRD mengenai penyusunan dan penetapan anggaran pendapatan belanja daerah.

  • Bimbingan Teknis Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran

Bimtek atau Pendidikan dan Pelatihan juga di tujuan pada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terutama pada teknis kebijakan umum anggaran serta dalam memprioritaskan plafon anggaran.

  • Bimbingan Teknis Pedoman Nomenklatur Sekretariat DPRD

Bimbingan teknis atau bimtek anggota DPRD juga di berikan supaya pedoman atau landasan penamaan / nomenklatur sekretariat berjalan dengan maksimal.

Tugas Pokok Anggota DPRD Setelah Melewati Pelantikan dan Bimtek

Sedikit banyak tugas dan wewenang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sudah kita bahas di awal, namun di dalam sebuah kepemerintahan, DPRD memiliki tugas pokok yang wajib di laksanakan.

Berikut ini tugas pokok menjadi anggota DPRD yang perlu pembaca ketahui, antara lain :

  1. Pembentukan Perda / Peraturan Daerah
  2. Pembahasan / rapat bersama dengan pimpinan
  3. Pemberian persetujuan pindah tangan asset daerah
  4. Pelaksanaan pengoperasian serta penyerapan anggaran daerah

Nah jika para anggota DPRD ingin mendapatkan bimtek dan pelatihan menarik, maka bisa mendaftarkan diri  melalui nomor telephon 021-4786-2224 atau email info@sekolahpengadaan.id. Kami sudah kurang lebih 15 tahun melayani jasa bimtek atau jasa pendidikan dan pelatihan profesi. Jika para pembaca berminat dengan jasa kami silahkan klik link https://www.sekolahpengadaan.id/. Semoga bimtek dan pelatihan menjadi anggota DPRD berhasil.