• +021-4786-2224
  • info@sekolahpengadaan.id

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

BAGI PEJABAT PEMBUAT KOMITMENT (PPK)

Pelatihan Okupasi dengan Metode Blended Learning

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

BAGI PEJABAT PEMBUAT KOMITMENT (PPK)

Pelatihan Okupasi dengan Metode Blended Learning

Pengantar :

Berdasarkan Peraturan presiden No 16 tahun 2018, tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Bahwa PPK/Pokja Pemilihan/Pejabat Pengadaan wajib memiliki sertifikat Kompetensi Paling lambat 31 Desember 2023.

Menindaklanjuti hal tersebut maka LPKN Training Center (Akreditasi A – LKPP) akan mengadakan Pelatihan Okupasi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pelatihan ini merupakan salah satu Pelatihan dalam Jabatan Organisasi PBJ yang ditujukan bagi PPK berdasarkan Standar Kompetensi PBJ. Program pelatihan ini diarahkan agar para PPK meningkatkan kemampuan dalam hal melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai PPK.

Pelatihan yang menggunakan penggabungan metode pembelajaran berbasis komputer (e-learning) dan klasikal (classroom) yang disebut model Blended Learning. Model Blended Learning ini mengharuskan peserta belajar mandiri secara online dan juga peserta harus hadir di kelas/tatap muka untuk pendalaman dengan latihan dan praktek serta simulasi studi kasus pembelajaran tatap muka sekaligus mengkonfirmasi pemahaman yang diperoleh melalui pembelajaran mandiri.

TUJUAN PELATIHAN :

  • Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai PPK dengan baik dan benar dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa sesuai dengan regulasi yang ada.
  • Peserta memiliki Sertifikat Kompetensi PPK, melalui Uji Kompetensi di LKPP

Dasar Hukum Materi :

  • Peraturan Presiden No 16 tahun 2018
  • Perka Kepala LKPP
  • SKKNI bidang Pengadaan

MATERI PEMBELAJARAN :

  1. Menyusun Spesifikasi Teknis dan Kerangka Acuan Pengadaan Barang/Jasa
  2. Menyusun Harga Perkiraan Pengadaan Barang/Jasa
  3. Mengkaji Ulang Paket Pengadaan Barang/Jasa
  4. Menyusun Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  5. Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa
  6. Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  7. Membentuk Tim Pengelolaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  8. Menyusun Rencana Pengelolaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  9. Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  10. Menyelesaikan Permasalahan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  11. Melakukan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang/Jasa
  12. Melakukan Persiapan Pengadaan Barang/ Jasa
  13. Melakukan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara Swakelola
  14. Mengelola Kinerja Pengadaan Barang/Jasa
  15. Mengelola Risiko Pengadaan Barang/Jasa

Persyaratan Peserta :

  • • Lulus sertifikasi PBJP Tingkat Dasar
  • • Berpengalaman aktif di bidang PBJ minimal 2 tahun terakhir
  • • Memiliki Akun Portal PPSDM
  • • Diutamakan telah menjadi PPK atau telah membantu PPK

Durasi Pembelajaran :

  • Pembelajaran mandiri melalui media daring (e-learning) sebanyak 86 JP (selama 28 hari kerja atau dapat dilakukan pada hari Sabtu jika diperlukan) dan
  • Pembelajaran tatap muka (classroom) sebanyak 69 JP (selama 7 hari kerja atau dapat dilakukan pada hari Sabtu jika diperlukan).

Pendekatan dan Metode Pembelajaran :

Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan Andragogi Learning (Pendidikan Orang Dewasa), dengan mensyaratkan keterlibatan aktif dari setiap peserta melalui komunikasi dua arah sehingga memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyumbangkan pikiran dan pengalamannya.

Metode pembelajaran :       

  • e-learning (pembelajaran berbasis online),
  • synchronous (webinar/chatting),
  • ceramah,
  • tanya jawab, latihan,
  • studi kasus,
  • diskusi dan presentasi kelompok.

Narasumber :

  • Narasumber yang telah memiliki sertifikat Kompetensi TOT dari LKPP

Program

Program kegiatan ini adalah program Peningkatan Kompetensi Okupasi dari Pusdiklat LKPP.

Pelaksana Kegiatan :

Kegiatan ini dilaksanakan Oleh LPKN Training Center, yang merupakan LPP Terakreditasi A dari LKPP.

Jadwal Kegiatan :

  • Pendaftaran 10 – 24 sep 2019
  • Seleksi 25 – 27  sep 2019 (seleksi Peserta dilakukan Oleh LKPP)
  • Penetapan 30 -Sep-19
  • E-Learning 7 Oktober – 7 November  2019
  • Tata Muka 11 – 19 November 2019
  • Uji Kompetensi 27 – 29 November 2019 (Oleh LKPP)

Tempat Pelaksanaan :

  • Tempat Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan di Hotel Sunlake Sunter, Jakarta
  • Tempat Pelaksanaan Uji Kompetensi di LKPP

Biaya & Fasilitas Peserta :

Pelatihan

Rp.9.850.000
Mengikuti Pelatihan Kompetensi PPK
Modul/Materi
Tas dan Alat Tulis
Pendampingan
Diskusi Grup
Makan Siang, Coffe Break pada saat tatap muka
Sertifikat Pelatihan dari Pusdiklat LKPP
Sertifikat Kompetensi PPK (Jika sudah Lulus Uji Kompetensi dari LKPP)

Dengan Penginapan

Rp.14.250.000
Mengikuti Pelatihan Kompetensi PPK
Modul/Materi
Tas dan Alat Tulis
Pendampingan
Diskusi Grup
Makan Siang, Coffe Break pada saat tatap muka
Makan Malam dan Pagi Bagi Yang Menginap
Sertifikat Pelatihan dari Pusdiklat LKPP
Sertifikat Kompetensi PPK (Jika sudah Lulus Uji Kompetensi dari LKPP)
Penginapan 11 Hari 10 malam di Hotel Bintang 4/5

*Peserta wajib membawa laptop pada saat Pelatihan Tatap Muka di Jakarta.

FAQ

Bagaimana Saya Bisa Mengikuti Bimbingan Teknis Ini?

Anda cukup klik tombol Daftar Sekarang lalu isi form yang tersedia dan klik daftar maka Admin kami akan mengirimkan detil link untuk mengikuti Bimbingan Teknis

Apakah Saya akan Mendapatkan Modul?

YA, semua peserta akan mendapatkan buku panduan yang berisikan materi lengkap

apakah kelas bimtek itu ?

Bimtek adalah kelas yang dilakukan secara lansung tatap muka, setiap peserta dapat mengikuti kelas di tempat yang sudah di tentukan.

Apakah Saya Mendapatkan sertifikat Pelatihan ?

Ya, sertifikat Pelatihan Nasional

Penyelenggara Kegiatan

LPKN tRAINING cENTER

Pelaksana pelatihan oleh Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) yang merupakan lembaga diklat resmi dan telah terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) – RI.
Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) didirikan pada tahun 2005 dengan SK Notaris Sri Instansi, SH Nomor. 41, Tanggal 18 april 2005, berkedudukan di Jakarta.

Para peserta berasal dari Institusi Pemerintah, BUMN, BUMD, dan Kalangan Swasta. hingga saat ini alumni LPKN tercatat lebih dari 350.000 orang. Sebagai suatu wadah pendidikan yang masih tergolong baru, LPKN terus berupaya meningkatkan kualitas baik dari segi Materi, Narasumber, Modul, serta pelayanan Prima, dengan harapan setiap peserta yang mengikuti kegiatan di LPKN membawa ilmu pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi organisasi maupun pribadinya masing-masing.

LPKN rutin menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang jasa lebih dari 15 tahun (website https://diklatlpkn.id dan https://lpkn.org )

Kontak

Gedung Linggardjati Lt.1 – Jalan kayu Putih II No. 7 Pulogadung Jakarta Timur 13240

Hotline

  • 021-4786-2224
  • 0811-168-9991
  • 0811-999-7339