• +021-4786-2224
  • info@sekolahpengadaan.id

Bimbingan Teknis Pengadaan

Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa dengan SWAKELOLA, Meningkatkan Akuntabilitas Pengadaan melalui Sistem Informasi e – SWAKELOLA

Pendahuluan :

Kegiatan Pengadaan Melalui Swakelola banyak dilakukan Oleh Paket paket Pemerintah maupun BUMN,

Kegiatan ini perlu mendapatkan perhatian, khususnya terkait Akuntabilitasnya. Berdasarkan Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018, tentang Pengadaan barang/Jasa Pemerintah, terdapat 4 tipe Swakelola yang dapat dilakukan oleh Pemerintah dalam pelaksanaanya. Swakelola adalah cara memperoleh barang/jasa yang dikerjakan sendiri oleh Kementerian/ Lembaga/ Perangkat Daerah, Kementerian / Lembaga/ Perangkat Daerah lain, organisasi kemasyarakatan, atau kelompok masyarakat.

Kami mengembangkan sebuah Sistem Informasi yang dapat meningkatkan Akuntabilitas Pelaksanaan Swakelola, sistem Informasi e-swakelola ini dapat digunakan untuk 4 Tipe swakelola di Pemerintah, sistem ini akan memberikan manfaat khususnya dalam tertib administrasi dan meningkatkan akuntabilitas.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, pada :

  • Gelombang 1 : 25 – 26 September 2019
  • Gelombang 2 : 22 – 23 Oktober 2019
  • Gelombang 3 : 12 — 13 November

Tempat : Hotel Sunlake Sunter ***** – Jakarta

Selama 2 hari peserta akan dibekali Teori sesuai dengan Peraturan Terbaru, Praktek Langsung, serta Tata Cara penggunaan Sistem Informasi e-swakelola. Fasilitator kegiatan merupakan Narsumber yang bersertifikat TOT LKPP RI.

Dengan penerapan Sistem Informasi e-swakelola pada pengadaan Barang/Jasa di Instansi masing masing, diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu,transparansi, dan akuntabilitas menuju pengadaan yang Value For Money.

Mengingat Pentingnya kegiatan ini, maka di harapkan partisipasi aktif dari para pimpinan untuk mengikutsertakan para pelaksana pengadaan di Instansi masing masing.

Latar Belakang Diadakan :

Untuk mendapatkan Barang/Jasa yang dibutuhkan oleh suatu organisasi diperlukan suatu rangkaian kegiatan yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan, persiapan dan pelaksanaan pemilihan penyedia, sampai dengan diselesaikannya seluruh kegiatan pengadaan barang/jasa tersebut. Selain dilakukan oleh penyedia Barang/Jasa juga dapat dilakukan sendiri oleh suatu organisasi disebut “swakelola”.

Swakelola adalah cara memperoleh barang/jasa yang dikerjakan sendiri oleh Kementerian/ Lembaga/ Perangkat Daerah, Kementerian/ Lembaga/ Perangkat Daerah lain, organisasi kemasyarakatan, atau kelompok masyarakat. Sedangkan Pengadaan Barang/Jasa melalui Penyedia adalah cara memperoleh barang/jasa yang disediakan oleh Pelaku Usaha. Namun ketika membicarakan swakelola maka pasti di dalamnya ada terlibat penyedia.

Untuk memperoleh pengadaan barang/jasa yang prosesnya dimulai sejak identifikasi kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan maka pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dapat dilakukan melalui swakelola dan/atau penyedia barang/jasa. Jika kemampuan sumber daya internal Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah  memenuhi untuk melaksanakan sendiri, namun jika tidak mampu dilaksanakan sendiri maka dapat diserahkan kepada ahlinya.

Dalam peraturan perundang undangan kegiatan Swakelola di mungkinkan untuk di laksanakan, akan tetapi kegiatan ini masih sering terjadi penyimpangan, khususnya terkait dengan prosedur sehingga dikemudian hari menimbulkan permasalahan hukum

Peserta Di Harapkan Mampu :

Mengidentifikasi sumber daya pelaksana pengadaan barang/jasa secara swakelola dengan memahami pengadaan barang / jasa secara swakelola

Mempersiapkan dokumen pengadaan barang/jasa secara swakelola

Dapat mengoptimlakan fungsi Sistem Informasi e-swakelola.

Mengidentifikasi paket dokumen pengadaan barang/jasa secara swakelola secara cermat dan komprehensif, memobiliasi secara cermat disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal pelaksanaan

Maupun keuangan, menentukan metode pengawasan pengadaan barang/jasas secara swakelola secara tepat, melakukan tindakan terhadap penyimpangan dalam pengadaan barang/jasa secara swakelola secara tepat.

Benefit e-Swakelola ...!

Berikut Adalah Benefit Dari e - Swakeola :

  • Program Perencanaan swakelola telah terpublikasi
  • Proses Pelaksanaan terstruktur
  • Pencapaian Proses Pekerjaan Update
  • Tertib Administrasi dari tahapan Perencanaan hingga Pembayaran
  • Tersedia Data lengkap bagi POKMAS dan ORMAS
  • Memudahkan dalam Audit/Pemeriksaan

Narasumber

Materi webinar akan di bawakan oleh insan yang ahli di bidang KPBU,
Diantaranya :

  1. Tim Dari Kantor LPKN Bersama KPBU
  2. Praktisi KPBU

Tim dari Kantor Bersama KPBU

Praktisi KPBU

Target Peserta :

  • Pengguna (Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, lembaga)
  • Penyedia / Vendor (konsultan, kontraktor, supplier, dll)
  • Siswa / Mahasiswa
  • Auditor
  • Pengacara
  • Masayarakat Umum

MATERI PELATIHAN SELAMA 2 HARI :

Berikut adalah materi yang akan anda dapatkan dalam bimtek swakeola

Materi :

  1. Landasan Hukum Pengadaan dengan Swakelola
  2. Teori tentang pengadaan melalui Swakelola
  • Perencanaan swakelola;
  • Persiapan swakelola;
  • Pelaksanaan swakelola;
  • Pengawasan swakelola; dan
  • Serah terima hasil pekerjaan.
  1. Mengidentifikasi Sumber Daya Pelaksana Pengadaan Barang/ Jasa Secara Swakelola
  • Memahami pengadaan barang/jasa secara swakelola
  • Pengadaan Swakelola oleh Pemerintah
  • Memahami rencana PBJ secara swakelola
  • Kebutuhan dan Kondisi Lokasi Pelaksanaan Pekerjaan PBJ
  • Kajian Ulang Rencana PBJ Secara Swakelola
  • Ketersediaan, Kesiapan dan Kecukupan Biaya Pengadaan Barang/ Jasa Secara Swakelola
  • Ketersediaan, Kecukupan dan Kompetensi Personil Pengadaan Barang/Jasa Secara Swakelola
  • Ketersediaan dan Kecukupan dan Sarana Pendukung Pengadaan
  • Barang/Jasa Secara Swakelola
  1. Melaksanakan Pengadaan Barang/ Jasa Secara Swakelola
  • Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Secara Swakelola Secara Efektif dan Efisien
  • Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Secara Swakelola
  • Sumber Daya Pengadaan Barang/Jasa Secara Swakelola
  • Alokasi Kebutuhan Sumber Daya
  1. Praktek dan Studi kasus 4 Tipe Swakelola (Perencanaan, pelaksanaan, hingga Pertanggungjawaban)
  2. Penggunaan dan Implementasi Sistem Informasi e-Swakelola
  • Mengikuti Kelas Online sebanyak 4x Pertemuan
  • Peraturan Per undang undangan terkait KPBU
  • Materi KPBU
  • Video Pembelajaran
  • Diskusi Grup
  • Sertifikat webinar

Tanggal Acara :

  • Gelombang 1 : 25 – 26 September 2019
  • Gelombang 2 : 22 – 23 Oktober 2019
  • Gelombang 3 : 12 — 13 November

Tempat Acara :

    Hotel Sunlake Sunter ***** – Jakarta

Biaya & Fasilitas

Tanpa Penginapan

Rp.3.500.000
Mengikuti Kelas Tatap Muka (2 hari)
Peraturan Perundang Undangan terkait
Bahan Ajar
Tas dan Alat Tulis
T Shirt
Sertifikat Pelatihan
Makan siang dan Coffe Break selama pelatihan
Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi e-swakelola

Dengan Penginapan

Rp.4.750.000
Mengikuti Kelas Tatap Muka (2 hari)
Peraturan Perundang Undangan terkait
Bahan Ajar
Tas dan Alat Tulis
T Shirt
Sertifikat Pelatihan
Makan siang dan Coffe Break selama pelatihan
Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi e-swakelola
Penginapan 4 hari 3 malam
Makan Pagi dan malam

FAQ

Bagaimana Saya Bisa Mengikuti Bimtek Ini?

Anda cukup klik tombol Daftar Sekarang lalu isi form yang tersedia dan klik daftar maka Admin kami akan mengirimkan detil link untuk mengikuti Webinar.

Apakah Saya akan Mendapatkan Modul?

YA, semua peserta akan mendapatkan buku panduan yang berisikan materi lengkap dan akan diberikan dalam bentuk digital (Pdf).

apakah kelas bimtek itu ?

Bimtek adalah kelas yang dilakukan secara lansung tatap muka, setiap peserta dapat mengikuti kelas di tempat yang sudah di tentukan.

Apakah Saya Mendapatkan sertifikat Pelatihan ?

YA, Sertifikat diberikan secara online, dan Tim kami akan mengirimkannya melalui alamat email.

Penyelenggara Kegiatan

LPKN tRAINING cENTER

Pelaksana pelatihan oleh Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) yang merupakan lembaga diklat resmi dan telah terakreditasi A Oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) – RI.
Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) didirikan pada tahun 2005 dengan SK Notaris Sri Instansi, SH Nomor. 41, Tanggal 18 april 2005, berkedudukan di Jakarta.

Para peserta berasal dari Institusi Pemerintah, BUMN, BUMD, dan Kalangan Swasta. hingga saat ini alumni LPKN tercatat lebih dari 350.000 orang. Sebagai suatu wadah pendidikan yang masih tergolong baru, LPKN terus berupaya meningkatkan kualitas baik dari segi Materi, Narasumber, Modul, serta pelayanan Prima, dengan harapan setiap peserta yang mengikuti kegiatan di LPKN membawa ilmu pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi organisasi maupun pribadinya masing-masing.

LPKN rutin menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang jasa lebih dari 15 tahun (website https://diklatlpkn.id dan https://lpkn.org )

Kontak

Gedung Linggardjati Lt.1 – Jalan kayu Putih II No. 7 Pulogadung Jakarta Timur 13240

Hotline

  • 021-4786-2224
  • 0811-168-9991
  • 0811-999-7339